Hal-Hal Yang Membatalkan Puasa Di Bulan Ramadhan - Menyambut Bulan Ramdhan, saya mau memberikan Informasi mengenai Puasa di bulan ramadhan. Jika sobat ingin memperdalam pengetahuan puasa dibulan ramdhan, coba untuk mengetahui beberapa hal yang dapat membatalkan puasa.

Berikut hal-hal yang dapat membatalkan puasa :

#1 Makan Dan Minum

Makan dan minum sejak subuh hingga maghrib, membatalkan puasa. Allah berfirman dalam Q.S. Al-Baqarah:187, ” … dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai (datang) malam”.
Namun, apabila seseorang tidak sengaja menyantap makanan karena lupa, puasa tersebut tetap tidak batal. Ia berhak merampungkan puasanya tersebut. Rasulullah saw. bersabda, “Barangsiapa lupa bahwa ia tengah berpuasa, kemudian makan atau minum, hendaklah ia tetap menyempurnakan puasanya. Sesungguhnya Allah yang memberinya makan dan minum.” (H.R. Bukhari dan Muslim).

#2 Muntah Dengan Sengaja

Seseorang yang muntah karena tidak sengaja, berhak melanjutkan puasanya. Sebaliknya, mereka yang menyengaja untuk muntah, puasanya batal. Ia wajib mengganti puasanya tersebut di kemudian hari.
Sabda Nabi, “Barangsiapa terpaksa muntah, tidak wajib mengganti (mengqadha) puasanya; dan barangsiapa yang menyengaja muntahnya, maka hendaklah ia mengganti puasanya.” (H.R. Abu Daud)

#3 Tengah Haid atau Nifas

Bagi perempuan, terdapat keringanan dalam menjalankan puasa. Mereka yang haid, diperbolehkan untuk mengganti puasanya di lain hari. Demikian pula wanita yang mengeluarkan darah nifas (darah setelah melahirkan).
Diriwayatkan dari Aisyah, “Kami diperintakan oleh Rasulullah saw. untuk mengganti puasa, dan tidak diperintahkan untuk mengganti sembahyang (yang tidak dilakukan ketika seseorang haid) (H.R. Bukhari)

#4 Melakukan Hubungan Suami-Istri

Puasa sejatinya menahan segala bentuk keinginan tubuh manusia. Selain hasrat untuk makan dan minum, ada hasrat dasar lain yang harus ditekan, yaitu hasrat seksual. Firman Allah dalam Q.S. Al-Baqarah:187, “Dihalalkan bagi kamu pada malam hari bulan puasa bercampur dengan istri-istrimu; mereka adalah pakaian bagimu, dan kamupun adalah pakaian bagi mereka. Allah mengetahui bahwa kamu tidak dapat menahan nafsumu, karena itu Allah mengampuni kamu dan memberi maaf kepadamu. …”
Mereka yang tidak dapat membendung nafsu seksualnya, diwajibkan untuk membayar kifarat, yaitu berurutan: 1) memerdekakan budak, 2) (jika tidak mampu, maka) puasa dua bulan berturut-turut, 3) (jika tidak mampu, maka) bersedekah yang mengenyangkan 60 fakir miskin, dengan ketentuan 3/4 liter per orang.

Itulah hal-hal yang dapat membatalkan puasa, maaf jika tidak begitu banyak karena saya cuma tau segitu. Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga bermanfaat, berguna dan dapat menambah wawasan kita

8 komentar:

  1. yah semoga hal" di atas bisa di atasi selama bulan ramadhan :D

    BalasHapus
  2. semoga kita semua dilancarkan dalam berpuasa. amin

    BalasHapus
  3. semoga hal-hal di ataas bisa diatasi selama bulan Ramadhan yang suci ini. Amin

    BalasHapus
  4. Semoga saya lancar dalam berpuasa. Amin

    BalasHapus
  5. Semoga Ramadhan ini lancar selalu dan terhindar dari maksiat. amin

    BalasHapus
  6. Semoga bisa Puasa sampai akhir. amin

    BalasHapus
  7. Mau tanya nih?

    Apa bila saya meniup terompet ,meniup balon dan sebagainya, apakah akan membatalkan puasa?

    BalasHapus
  8. hahahaha benar sekali yang di atas

    BalasHapus

 
Top